Senin, 07 November 2016

OOP PADA PYTHON MENGGUNAKAN SOCKET "Keamanan Jaringan, Tugas 4"

OOP DI PYTHON MENGGUNAKAN SOCKET
Latar Belakang
Pada zaman semakin meningkat ini, banyak orang yang mengguakan jaringan internet untuk berkomunikasi maupun untuk hal lainnya. Seiringperkembangan zaman ini, kebutuhan jaringan internet sangat beragam, Namun tidak sedikit orang yang peduli dengan keamanan jaringan yang mereka gunakan. Sehingga memberikan celah luas untuk orang yang tidak bertanggung jawab untuk digunakan. Salah satu contohnya adalah orang yang mengakses dengan cara yang kurang baik, seperti dengan melakukan sniffing. Sniffing adalah salah satu cara untuk melakukan intercepting jaringan. Jadi, orang yang melakukan sniffing akan mudah masuk kedalam jalur dimana terdapat paket data seseoang yang terkoneksi denga n jaringan data. Sehingga paket data tersebut akan dilalui oleh orang yang melakukan sniffing. Oleh karena itu, melalui jalur ini hak akses target dapat diketahui oleh orang yang melakukan sniffing sehingga dapat dengan mudah untuk menggunakan hak akses yang ditarget.
Pembahasan
Pada python kita dapat menggunakan OOP dengan cara:
1.      Buat file anu.py
2.      Isi :
From socket import socket, AF_INET, SOCK_STREAM
Class Anu (objek):
                              Def isOpen (self, IPADD, PORD):
                        S= socket (AF_INET, SOCK_SREAM.
                        RETURN s.connect.ex((IPADD, PORT))

3.      Panggil di program utama/ console
Import anu
4.      Instansiasi ke variable
a = anu.Anu ()
5.      Panggil method
o = terbuka
SNIFFING
Apa itu Sniffing???
Sniffing adalah kegiatan untuk membaca paket data yang beredar di jaringan, setiap computer yang ada di jaringan itu akan menaruh paket, IP adalah paket dikirim kejaringan, pada hakekatnya jaringan itu berupa kabel. Misalkan ada computer, terhubung oleh switch dengan menggunaka kabel, di kabel tersebut terdapat paket, dengan adanya paket tersebut  maka tersambunglah pada switch sehingga paket tersebut sampai, dan dapat d teruskan ke computer lain. Itu merupakan bagaimana penggunaanswitch. Sedangkan hub, itu caranya berbeda lagi yaitu hub tersebut langsung mengirim paket tersebut tanpa dengan pemilan, sedangkan switch tadi itu kebalikan dari hub. Oleh karena itu, Sniffing adalah praktek membaca paket IP dari node 1 ke node yang lainnya. Dengan memiliki metode yaitu dengan melakukan intercepting jaringan/ masuk ke jalur, dimana paket melalui jalan itu ( Pemalakan). Jadi di dalam intercepting ini kita akan melakukan pemalakan pada jaringan. Tools Sniffing terbagi 3  yaitu wire sharh, TCP dump, dan Socket python.
Contoh Sekenario:
1.      Wifi kampus
2.      Laptop dosen
3.      Laptop Mahasiswa
Cara untuk menggukan akun dosen, yaitu caranya adalah sebagai berikut:
1)      Jaringan wifi kampus terdapat laptop dosen dan laptop mahasiswa tergabung dengan satu akses poin.
2)      Mahasiswa membuka sniffer di laptop.
3)      Dosen login dengan hotspot itu dengan artian dosen menyimpan paket di jaringan wifi berupa user, password from HTML method post.
4)      Sniffer di laptop mahasiswa menangkap data tersebut.
5)      Mahasiswa memakainya untuk login hotspot menggunakan akun dosen.

Cara Menggunakan/ Counter Messure dengan Mengamankan:
1)      Ubah HTTP menjadi HTTPS.
2)      Gunakan enkripsi AES/ yang lebih timggi pada enkripsi HTTPS.
Kesimpulan
Sniffing adalah kegiatan penyadapan pada lintas data di jaringan computer dengan membaca paket IP orang lain dengan menggunkan suatu device. Sniffer adalah sebuah device penyadapan komunikasi jaringan computer dengan memanfaatkan mode premicious pada Ethernet.
Saran
Sniffing merupakan hal yang tidak baik, karena dapat merugikan orang lain. Apabila kalian mencoba untuk melakukan sniffing tersebut maka kalian harus mempertanggung jawabkan pekerjaan kalian sendiri.


Data Diri:
Nama               : Fitriani M
NPM               : 1144001
Kelas               : 3D
Prodi               : D4 Teknik Informatika
Kampus           : Politeknik Pos Indonesia, Bandung, Jawa Barat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar