Rabu, 26 Oktober 2016

Create, Edit, Delete pada Data Geospasial dengan Jumlah Record

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS CREAT, EDIT, DAN DELETE PADA DATA GEOSPASIAL



LATAR BELAKANG
Kita telah mengetahui bahwa perkembangan teknologi ini akan semakin maju. Sehingga banyak cara  yang kita gunakan untuk memunculkan penemuan yang baru yang ada di dunia ini, dimana yang dimaksud adalah perkembanagan teknologi untuk kedepannya. Penemuan yang dimaksud adalah salah satunya adalah GIS. Dengan adanya penemuan tersebut maka sangat membantu dalam menyelesaika masalah.
Sehingga dapat dikatakan bahwa tanpa adanya kemajuan maka system tersebut tidak berguna. Oleh karena itu saling mendukung satu sama lain. Manusia dapat melakukan komunikasi dengan menggunakan jaringn
Dengan adanya perkembangan tersebut maka kita akan lebih mengerti dengan penggunaan system tersebut, karena dengan aplikasi ini maka dapat membantu dalam melakukan interaksi sehingga komunikasi yang dilakukan berjalan dengan lancar.

PEMBAHASAN
Pada pertemuan kai ini saya akan memaparkan tentang data geospasial. Dimana data geospasial memiliki 2 bagian yaitu data vector dan data raster. Data vector itu adalah kumpulan titik yang membentuk garis putus-putus, sehingga garis putus-putus tersebut akan membentuk sebuah daerah. Sedangkan data raster adalah suatu daerah yang dapat diliat dengan penginderaan dengan ukuran kecil, sehingga dapat pula menggunakan alat.
Pembahasan yang paling penting adalah create, edit, delete pada data geospasial. Tetapi kaliini kita membahasas matteri yang mengarah pada shp. Pada shp ini terdpat banyak peta yang dapat kita download dengan gratis misalkan provinsi, Negara, dll. Ini merupakan shape yang paling umum digunakan. Pada shapefile terutama di maps merupakan peta dunia dengan batas – batas Negara dll yang mempunyai tingkat skala yang berbeda – beda.

Dalam file tersebut data disimpan dengan bentuk koordinat sehingga dapat diakses langsung dengan bentuk record. Seperti yang dijelaskan sebelumnya tentang pembagian vektor yaitu titik, garis, dan daerah bahwa ini mendukung format shapefile.

KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas maka kita dapat menarik kesimpulan dengan adanya gis maka komunikasi yang dilakukan oleh manusia dapat berjalan dengan adanya GIS, GIS juga dapar digunakan untuk bisnis sehingga bisnis yang kita jalanka akan berjalan dengan baik. Misalkan kita ambil contoh yaitu salah satu perusahan, maka pads pembahasan kali ini kita dapat menggunakan cara – cara shapefile dengan menentukan daerah-daerah dengan jauh. Oleh karena itu pada tugas ini juga kita dapat menentukan record pada suatu daerah, di sini terdapat 255 record yang telah kita praktikkan.

SARAN
Untuk saran kedepanya mudah-mudahan akan lebih baik, cari referensi yang mendunkung dengan pembahasan yang diambil. Belajar dengan baik sehingga lebih menguasai materi- materi sehingga pembahasan akan lebih baik pula.


Data Diri:
Nama    : Fitriani M
NPM     : 1144001
Kelas    : 3D
Prodi     : D4 Teknik Informatika
Kampus : Politekik Pos Indonesia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar