Selasa, 18 Oktober 2016

Data-Geospasial-Sistem-Informasi-Geografis (Pertemuan2)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Latar Belakang
Pada saat ini tidak dapat di pungkiri lagi bahwa teknologi informasi telah banyak mengubah proses bisnis pada suatu organisasi atau perusahaan. Namun salah satu perubahaan yang paling penting terjadi pada aspek dan kegiatan yang biasa dilakukan secara offline dan terbatasi oleh ruang dan waktu , kini dapat melakukan dengan menggunakan system online melalui media internet.Oleh karena itu seiring perkembangan zaman yang semakin mainingkat dengan pesat juga sangat berpengaruh besar dalam dunia teknologi dibidang IT. Daalah satunya adalah munculnya teknologi SIG.
SIG merupakan suatu sistem  yang sangat berkembang sangat pesat. Pada sistem informasi GIS mampu menyelesaikan semua permasalahan yang muncul sehingga medapatkan solusi sesuai permasalahan yang muncul.
Sehingga GIS mampu untuk mengelolah data serta melakukan operasi tertentu untuk dapat melaukan analisis data. Sehingga aplikasi GIS pada saat sekarang ini tumbuh dengan pesat. Tumbuh dengan pesat aplikasi GIS ini tidak hanya dengan jumlah melainkan berbagai jenis aplikasi. Sehingga GIS kedepannya mengarah pada aplikasi yang berbasis web.


Pembahasan:
GIS merupakan judul yang sangat menarik buat saya, pada GIS tersebut banyak hal yang perlu untuk di pelajari mengenai dunia IT. Oleh karena itu GIS sangat dibutuhkan dalam dunia IT. Bahkan GIS berkembang bukan hanya di duinia IT melainkan juga banyak dilingkungan masyarakat mengenai kehidupan sehari – harinya. Itu merupakan salah satu contoh bagaimana dampak Sistem Informasi Geografis. Selanjutnya mari kita akan masuk ke pembahasan yang inti yaitu Data Spasial pada Sistem Informasi Geografis.
Pada Data  Spasial Sistem Informasi Geografis terdapat dua bagian yang sanagan penting yang berbeda. Perbedaan itulah yang membuat beda daripada yang lain yaitu Informasi Lokal dan Informasi Atribut. Informasi local yaitu informasi yang sangat berkaitan dengan penentuan titik koordinat baik itu penentuan pada lintang maupun penentuan pada bujur. Sedangkan Informasi Atribut yaitu kebalikan dari informasi local yaitu penentuan lokasi yang harus memiliki keterangan.
Jenis – jenis data spasial pada Sistem Informasi Geografis terdapat dua bagian yaitu data vector dan data raster. Data Vector terdapat tiga bagian yaitu point, line, dan polygon. Poin adalah suatu simbol yag menghubungkan dari titik yang satu ke titik yang lain yaitu dari sumbu y ke sumbu x. Line adalah suatu garus yang menghubungkan titik yang satu dengan titik yang lain. Sedangkan polygon adalah suatu daerah yang dibatasi oleh garis yang diawali dengan titik san diakhiri dengan titik yang sama. Oleh karena itu, data vektor memiliki keunggulan yaitu dengan adanya point, line, dan polygon ini sangat membantu dalam penempatan posisi sehingga tampak lebih jelas. Data Raster atau dengan kata lain sel grid yaitu data yang dapat dihasilkan dari penginderaan yang jauh. Pada data raster tersebut resolusi tergantung pada ukuran piksel-nya. Data raster ini sangat cocok digunakan untuk merpresentasikan batas – batas seperti suhu dan jenis tanah. Dengan adanya resolusi yang tinggi dan ukuran yang besar maka memeuka tempat penyimpanan file yang kebih besar pula.
Kesimpulan dan Saran
Dengan adanya aplikasi GIS dapat membantu menyelesaika bnyak permasalahan mulai dari penelitian sampai melakuka proses bisnis yang dilakukan manusia. SIG merupakan suatu sistem  yang sangat berkembang sangat pesat. Pada sistem informasi GIS mampu menyelesaikan semua permasalahan yang muncul sehingga medapatkan solusi sesuai permasalahan yang muncul.
Sehingga GIS mampu untuk mengelolah data serta melakukan operasi tertentu untuk dapat melaukan analisis data. Sehingga aplikasi GIS pada saat sekarang ini tumbuh dengan pesat. Tumbuh dengan pesat aplikasi GIS ini tidak hanya dengan jumlah melainkan berbagai jenis aplikasi. Sehingga GIS kedepannya mengarah pada aplikasi yang berbasis web.


Data Diri:                  
Nama                           : Fitriani M
NPM                           :1144001
Kelas                           : 3D
Prodi                           : D4 Teknik Informatika
Kampus                       : Politeknik Pos Indonesia

Referensi                     :

Nuarsa IW. 2005. Belajar Sendiri Menganalisis Data Spasial Dengan Software ARCVIEW GIS 3.3 untuk Pemula. Jakarta: PT Alex Media Computindo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar