Minggu, 16 Oktober 2016

Proposal Proyek 2_1144001

APLIKASI SISTEM PAKAR PENETUAN JENIS MAKANAN BERDASARKAN PENYAKIT PADA SISTEM PENCERNAAN SERTA MULUT DAN TENGGOROKAN PADA MANUSIA
(Sub Modul Knowledge Base)



Latar Belakang
Sistem pencernaan serta mulut dan tenggorokan merupakan bagian vital yang wajib dipelihara agar berfungsi maksimal karena tubuh kita mendapatkan nutrisi melalui sistem pencernaan dan di proses dahulu oleh mulut dan tenggorokan. Jika sistem pencernaan baik, maka penyerapan nutrisi akan maksimal sehingga tubuh menjadi sehat dan kuat. Penyakit pada sistem pencernaan serta mulut dan tenggorokan pada tubuh manusia sangat beragam, mulai dari yang ringan seperti sariawan hingga yang terparah adalah kanker usus. Saat ini penyakit pada sistem pencernaan serta mulut dan tenggorokan sangat umum dijumpai. Gaya hayati modern merupakan salah satu penyebab maraknya penyakit sistem pencernaan serta mulut dan tenggorokan yang sering sekali melanda manusia namun sebagian besar manusia terkadang tidak mengetahui gejala-gejalanya, dan sebagian besar penderita penyakit pada sistem pencernaan serta mulut dan tenggorokan ini tidak memiliki pengetahuan cukup tentang apa yang sebaiknya di konsumsi pada saat menderita salah satu dari penyakit system pencernaan serta mulut dan tenggorokan Karena hal tersebutlah maka dibutuhkan suatu teknologi yang dapat mendiagnosa penyakit pada manusia berupa suatu sistem pakar.
Salah satu cabang ilmu komputer yang dapat membantu manusia adalah kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer yang bertujuan untuk membuat sebuah komputer yang dapat berpikir dan bernalar seperti manusia. Salah satu bagian dari sistem kecerdasan buatan adalah sistem pakar dimana sistem pakar adalah bagian dari ilmu Kecerdasan buatan yang secara spesifik berusaha mengadopsi kepakaran seseorang di bidang tertentu ke dalam suatu sistem atau  program komputer. Dasar dari sistem pakar adalah bagaimana memindahkan pengetahuan yang dimiliki oleh seorang pakar ke dalam komputer dan bagaimana membuat keputusan atau mengambil kesimpulan berdasarkan pengetahuan ini.
Kemajuan teknologi ini banyak mempengaruhi perkembangan bidang kesehatan dan pengobatan. Selain bermanfaat bagi penderita, ahli akademik juga dapat menggunakan kelebihan system pakar ini dalam menganalisis suatu penyakit. Dengan adanya sistem pakar ini, diagnosis yang tepat mampu diberikan dengan cepat dan sesuai.
Penjelasan dan Solusi Masalah
Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh pakar. Sistem pakar ini juga dapat membantu teknisi dalam mendapatkan solusi dengan cepat dan dapat menghemat waktu. Pada aplikasi sistem pakar penentuan jenis makanan berdasarkan penyakit pada sistem pencernaan serta mulut dan tenggorokan pada manusia (sub modul knowledge base) ini terdapat beberapa akses informasi mengenai penyakit ini masih berjalan manual sehingga sangat rumit dan membutuhkan waktu yang lama, serta informasi mengenai gejala dan solusi serta makanan yang seharusnya dikonsumsi masih berada dalam wadah yang terpisah dan informasi dari pakar masih sulit untuk dicerna kedalam pusat pengetahuan. Oleh karena itu aplikasi sistem pakar penentuan jenis makanan berdasarkan penyakit pada sistem pencernaan serta mulut dan tenggorokan pada manusia (sub modul knowledge base) mampu untuk mempermudah dan mempercepat proses akses informasi mengenai penyakit, serta untuk menyatukan informasi mengenai gejala dan solusi serta makanan yang seharusnya dikonsumsi kedalam suatu wadah yang terintegrasi dan untuk mempermudah proses input informasi dari pakar kedalam pusat pengetahuan.

Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan yang dapat diambil dari Pembangunan Aplikasi Sistem Pakar untuk Diagnosa Penyakit Dalam pada Sistem Pencernaan Manusia (Sub Modul Knowledge Base) adalah menghasilkan aplikasi sistem pakar yang dapat mengelola data penyakit, gejala dan solusi serta menghasilkan aplikasi sistem pakar yang dapat memudahkan bagi pasien dalam memperoleh informasi mengenai penyakit yang diderita.
Dari kesimpulan diatas, ada beberapa saran yang diharapkan dapat membantu dan mengatasi kekurangan dari aplikasi ini adalah aplikasi dapat dikembangkan dengan menambahkan fungsi atau fitur – fitur yang dapat memudahkan penggunaan aplikasi dan  sistem ini dapat diperluas ruang lingkupnya sehingga dapat mencakup segala jenis penyakit bukan hanya pada penyakit dalam pada sistem pencernaan saja.


Data Diri:
Nama               : Fitriani M
NPM               : 1144001
Kelas               : 3D
Podi                 : D4 Teknik Informatika
Kompus           : Politeknik Pos Indonesia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar