Selasa, 18 Oktober 2016

TCP/IP dan OSI Layer - Keamanan Jaringan (pertemuan 1)

KEAMANAN JARINGAN
Latar Belakang
Dalam  kehidupan manusia pastilah sangat membutuhkan jaringan internet karena dengan adanya adanya jaringan internet kita dapat melakukan banyak kegiatan terutama untuk berintraksi dengan manusia.Karenga dengan adanya jaringan internet juga,dapat melakukan komunikasi manusia maupun dengan yang lainnya.Sehingga semua yang kita lakukan itu dapat berjalan dengan lancer, efektif dan efesien.
TCP/IP dan OSI merupakan jaringan komputer yang sangat standar yang dapat dilaukan untuk berkomunikasi sehingga sehingga komunikasi yang diperoleh efisien.Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang dapat dikatakan terstruktur sehingga semua data – data atau informasi yang diperoleh dapat dikelolah dengan baik.
TCP/IP dan OSI diharapkan mampu menjawab pertanyaan antara lain: 1) Bagian apa sajakah yang terdapat pada OSI serta prosesnya. 2) Bagian apa sajakah yang terdapat pada TCP/IP serta prosesnya. 3) Bagaimana perbedaan antara kedua sistem tersebut yaitu OSI dan TCP/IP.
Munculnya permasalahan dapat mengakibatkan TCP/IP dan OSI dapat bekembang kedepannya begitu pula dengan permasalahan yang lain yang belum dijelaskan pada esempatan ini, oleh karena ini dengan harapan semua permasalahan tersebut dapat terselesaikan.


Pembahasan
TCP/IP dan OSI merupakan judul yang paling menarik menurut saya, kenapa saya mengatakan paling menarik karena TCP/IP dan OSI inilah dapat diguakan untuk melakukan komuniaksi yang dapat dikelolah dengan baik sehingga menghasilkan informasi yang baik pula.
Baiklah,kita akan memulai dengan pembahasan yang pertama yaitu bagian – bagian yang terdapat pada OSI serta bagaimana proses dari OSI layer tersebut.Perlu diketahui bahwa OSI layer ini dapat terhubung dengan 2 sistem yang berbeda sehingga dapat dikatakan bahwa OSI mengalir pada satu jaringan sehingga pada proses tersebut tadak terjadi adanya perubahan.
Penjelasan untuk setiap lapisan OSI layer:
1.      Lapisan Fisik (Physical)
Pada lapisan ini dijelaskan tentang bagaimana fungsi pengiriman dan
penerimaan bit. Lapisan ini mampu mengartikan bilangan bit yaitu 0 atau 1 untuk melakukan pengkodean dan mengganti sinyal 0 ke 1begitupun sebaliknya.Oleh karena itu bit tersebut dapat tersinkronisasi.

2.      Lapisan Data Link
Pada lapisan ini, dapat mengubah suatu data mentah menjadi data link. Pada lapisain ini terdapat frame. Frame dapat digunakan untuk membagi bit sehingga frame tersebut dapat dikirimkan ke sistem yang lain pada suatu jaringan maka pada frame ini terjadi penambahan header. Apabila bit terjadi pengurangan maka kita dapar malakuka sebuah tindakan yaitu dengan cara menstabilkan laju bit tersebut.
3.      Lapisan Network
Berfungsi untuk mengumpulkan semua alamat IP untuk paket kemudian melakukan routing ( dari suatu tujuan dengan tempat yang satu ke tempat yang lain) yang dihubungkan dengan router atau swich.
4.      Lapisan Transfort
Mngirimkan paket – paket tersebut degan terlebih dahulu akan dilakukan penomoran pada paket tersebut sehinggah dapat di eksekusi dengan mudah.
5.      Lapisan Session
Menjelaskan bahwa bagaimana koneksi tersebut dapat di jaga ataupun dihancurkan.
6.      Lapisan Presentation
Mengirimkan suatu data, data yang akan dikirin mempunyai format tertentu sehingga data tersebut dapat dikirim melalui suatu jaringan.
7.      Laposan Aplication
Mengatur jalannya sebuah aplikasi sehingga dapat diakses dan apabila terjadi kesalahn akan terdapat sebuah peringatan sebuah kesalahan.
Bagaimana Proses Kerja OSI? lapisan pertama sampai lapisan terakhir.Lapisan yang fungsinya penerima data harus melewati lapisan yaitu lapisan physical sampai dengan lapisan aplikasi. Oleh karena itu pada lapisan ini
Ketika melakukan transfer suatu jaringan, maka harus melewati semua lapisan OSI mulai dari mempunyai fungi masung – masing.
Bagian TCP/IP:
1.      Lapisan Aplikasi
Dapat menyimpan sebuah aplikasi sehingga pada lapisan ini dapat membangun hubungan antar dua komputer.
2.      Lapisan Transfort
Pada lapisan ini terdapat protocol TCP dan UDP yang mempunyai tanggung jawab untuk 2 buah komputer.
3.      Lapisan Internet
Pada lapisan ini juga mempunyai tanggung jawab dalam pengiriman paket ke IP yang telah ditentukan.
4.      Lapissan Network
Bertangung jawab dalam pengiriman dan penerimaan data dari asal sampai ketujuan.
Bagaimana Proses Kerja TCP/IP?
Apabila seseorang akan mengirimkan sebuah data ke suatu mesin disinilah TCP/IP mulai bekerja yaitu membagi pake dengan ukuran kecil dan menambahkan sebuah informasi. Fungsi menambahkan informasi adalah apabila mengirimkan paket maka dipastikan pake trsebut akan diterima tanpa terjadi kerusakan,paket tersebut berisi informasi pada paket tersebut.
Perbedaan antara OSI dan TCP/IP:
1)      Pada OSI layer terdapat 7 (Tujuh) lapisan layer sedangkan pada TCP/IP terdapat 4 (Empat) layer.
2)      Didalam OSI layer terdapat 3 layer yang menjelaskan komunikasi data yaitu Application, Presentation, dan Session, ketiga layer tersebut sangat berkaitan dengan aplikasi, sedangkan pada TCP/IP terdpat 1 yaitu Application layer.
3)      Didalam OSI layer terdapat 3 layer yang menjelaskan komunikasi data jarigan Physical  yaitu Physical, dan Data Link, sedangkan pada TCP/IP terdpat 4 layer.
Kesimpulan
Kesimpulan dari permasalahaa diatas adalah OSI mempunyai 7 ( Tujuh) layer sedangkan TCP/IP mempunyai 4 ( Empat) layer.Apabila proses prngiriman data dilakukan sesuai lengkah – langkah dengan kata lain melewati semua proses lapisan layer maka pngiriman data akan berjalan secara efektif dan efesien.



Link Github                : https://github.com/fitriani16/Keamanan-Jaringan-2016

Data Diri:                  
Nama                           : Fitriani M
NPM                           : 1144001
Kelas                           : 3D
Prodi                           : D4 Teknik Informatika
Kampus                      : Politeknik Pos Indonesia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar