Kamis, 20 Oktober 2016

Kapita Selekta-1144001-Cara Membuat Repository, SSH, Git Push, dan Git Pull

KAPITA SELEKTA
Latar Belakang
          Seorang programming yang sering sering melakukan perubahan terhadap project yang ia kerjakan baik dalam penambahan maupun penghapusan pada file project serta penghapusan file, maka sofrware yang paling cocok adalah GitHub.
            Dalam peggunaan Git ini tidak semudah dengan menggunakan software yang lain karena terdapat banyak penggunaan istilah yang jarang di dengar. Tetapi Git sangat cocok untuk seseorang programmer karena di Git terdapat banyak referensi yang dapat dilihat katena merupakan open source, bisa dilihat oleh semua orang yang menggunaka Git. . Pada GitHub ini terdapat kelebihan yaitu saat kita membuat sebuah repository trus kita simpan atau kita apload, apabila telah di apload dann ingin melakukan perubahan maka project lama akan tetap tersimpan dan tidak akan hilang
            Oleh karena itu Git ini sangat membatu,dan menyelesaikan masalah yang di temukan sehingga masalah tersebut terselesaikan dengan solusi yang tepat.Sehingga  menarik dalam pembahasan kali ini.
Pembahasan
Pada kesempata kali ni saya akan menjelaskan bagaimana cara penggunaan GitHub di Windows. Sebelum melangkah lebih jauh hal yang paling pertama yang harus kita ketahui tentang  apa itu GitHub???. GitHub adalah tempat penyimpanan berbagai macam project yang bisa dikatakan media sosial bagi orang programmer sehinga dapat dilihat oleh siapa saja. Pada GitHub ini terdapat kelebihan yaitu saat kita membuat sebuah repository trus kita simpan atau kita apload, apabila telah di apload dann ingin melakukan perubahan maka project lama akan tetap tersimpan dan tidak akan hilang. Jadi kita dapat melihat peningkatan project yang telah kita lakukan.
Sehingga pada kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara upload file ke repository GitHub.
·         Adapun perangkat yang dapat kita gunakan adalah:
1.      Akun GitHub. Apabila kita akan mengapload project tentunya kita harus mempunyai akun GitHub. Jika belum maka sebaiknya buat akun dulu.
2.      Software Git. Pastikan software ini sdah terinstal

Setelah keduanya sudah ada, maka kita dapat mengapload project yang telah kita buat, Langkah yang harus kita lakukan adalah:
·         Kita buat repository di GitHub, dengan cara kita mengklik simbol repo yaitu “Create new repository”
·         Setelah selesai, kita beri nama repository tersebut, kemudian kita akan beri nama repository tersebut yang telah kita buat jika perlu, kemudian lakukan setting public, public itu menandakan bahwa repository yang telah dibuat dapat diakses oleh semua orang . kalau perlu,kita dapat menambahkan kategori, kalau tidak maka penambahan kategori tidak perlu dilakukan.
·         Kemudian kita klik “Create repository”
·         Setelah repository yang suadah dibuat berhasil, maka di HTTP/SSH akan mengeluarkan kunci yang dapat digunakan untuk remote repository dari software Git tersebut.
Setelah berhasil membuat repository, maka klik kanan pada folder project yang ingin di upload.
·         Klik kanan pilih “Git Bash”,maka akan muncul command prompt.
·         Apabila anda merupakan pengguna baru dalam penggunaan software Git, sebelumnya harus melakukan konfigurasi username dan email.
·         Setelah selesai lakukan inisiasi dengan cara mengetikkan:
Git init
·         Setelah ini,tambahkan file yang terdapat di dalam folder project kita. Dengan cara:
Git add**
·         Commit project sesuai versi,misalkan menggunakan versi 1.0.0
Git commit –m “versi 1.0.0”
·         Buatlah Commit pada project,dengan cara remote repository yang telah di buat sebelumnya, dengan menggunakan kuncinyang deberikan yang terdapat pada repository tadi. Dengan cara:
Git remote add origin (masukkan kunci yang ada sebelumnya)
·         Setelah selesai langkah yang harus dilakukan adalah, pull project. Dengan cara:
Git pull origin master
·         Langkah yang paling terakhir dilakukan adalah mengirim project ke repository,ketikkan:
Git push origin master



Kesimpulan dan Saran
Ø Kesimpulan
Git ini tidak semudah dengan menggunakan software yang lain karena terdapat banyak penggunaan istilah yang jarang di dengar. Tetapi Git sangat cocok untuk seseorang programmer karena di Git terdapat banyak referensi yang dapat dilihat katena merupakan open source, bisa dilihat oleh semua orang yang menggunaka Git. . Pada GitHub ini terdapat kelebihan yaitu saat kita membuat sebuah repository trus kita simpan atau kita apload, apabila telah di apload dann ingin melakukan perubahan maka project lama akan tetap tersimpan dan tidak akan hilang
            Oleh karena itu Git ini sangat membatu,dan menyelesaikan masalah yang di temukan sehingga masalah tersebut terselesaikan dengan solusi yang tepat
Ø Saran
Dalam menggunakan Git harus teliti, harus mengikuti aturan agar tidak muncul permasalahan. Sehinnga berjalan dengan lancer sampai project yang di buat itu selesai.


Data Diri:
Nama               :Fitriani M
NPM               :1144001
Kelas               :3D                                                                               
Prodi               :D4 Teknik Informatika
Kampus           :Politeknik Pos Indonesia

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar